Minggu, 26 Agustus 2012

Di Jatim, PPG Dilaksanakan di 8 Kampus


Pelaksnaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) di seluruh Jatim akan diselenggarakan di delapan Perguruan Tinggi (PT).  PT tersebut tersebar di kota-kota seperti Surabaya, Malang, Jember, Kediri, hingga Madiun.

Kampus-kampus ini dipilih karena merupakan kampus atau lembaga pencetak tenaga pendidik dan kependidikan (LPTK). Selama pelaksanaan PPG, perguruan tinggi ini selama dua semester membekali calon guru dan guru dengan materi praktis peningkatan profesionalitas tenaga pendidik.

Delapan kampus tersebut di antaranya, Unesa, Universitas Adibuana PGRI Surabaya, Universitas Negeri Malang (UM), Unej, Unisma, Unmuh Malang, Universitas PGRI Kediri, dan IKIP PGRI Madiun. 8 PT tersebut sudah ditunjuk pemerintah untuk menyelenggarakan PPG.

Kampus-kampus di sejumlah daerah itu ditunjuk untuk mempermudah peserta PPG mendapatkan pelayanan. Guru-guru di daerah terdekat dengan lokasi kampuslah yang berkesempatan menempuh PPG di antara kampus tersebut.

PPG akan serentak digelar pada 2013. Program peningkatan profesionalitas guru ini sebagai pengganti program PLPG (pendidikan latihan profesi guru) yang hanya berlangsung 10 hari. PPG berlangaung satu tahun. Seperti kuliah kembali namun lebih praktis. Bagi guru dan calon guru yang mengikuti PPG akan dibebani 18 - 40 SKS selama satu tahun. Semua matakuliah diarahkan pada peningkatan profesionalitas guru. (Surya)



Baca Juga:

0 komentar:

Posting Komentar