Jumat, 15 Juni 2007

Hari gini gak punya Blog..?

Mungkin anda pernah mendengar “blog”? Atau mungkin bahkan anda sudah menggunakannya? Kali ini saya ingin menceritakan tentang blog, yang tadinya merupakan kependekan dari “web log”. Sebelum bercerita lebih lanjut, mari kita defi nisikan dahulu apa blog itu. Berikut ini adalah definisi usulan saya.
Blog adalah catatan berkala yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang dapat diakses melalui web dan dapat dikelola dengan menggunakan (basis) web.
Kata “catatan” saya gunakan untuk membedakannya dengan berita seperti yang ada di surat kabar. Jadi detik.com, misalnya, bukan sebuah blog. Kata “berkala” itu diperlukan untuk menunjukkan adanya pembaruan yang terus menerus. Umumnya penampilan dari blog diurutkan secara kronologis, akan tetapi tidak harus demikian. Blog tidak termasuk catatan yang dihasilkan oleh komputer atau mesin. Sebagai contoh, keluaran dari program syslog yang kemudian diberikan tampilannya melalui web bukanlah sebuah blog. Faktor manusianya harus muncul. Jadi blog harus dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang.
Fitur utama blog adalag dia harus dapat diakses melalui web. Namanya juga blog. Pengelolaan blog juga umumnya menggunakan web, meskipun ada yang membuat program client yang tidak berbasis web untuk mengelola blog. Selain itu sering kali sebuah content management system (CMS) digunakan di belakang layar sebagai mesin dari blog.
Selain hal di atas, masih ada beberapa fitur blog lainnya seperti adanya mekanisme untuk memberikan komentar atau melakukan pelacakan, dan juga mekanisme untuk melakukan sindikasi. Kesemuanya ini mempermudah penulis karena dia tidak lagi harus mengetahui HTML atau mendesain tampilannya sendiri. Biasanya sistem blog menyediakan editor yang mudah digunakan dan ada banyak template desain yang menawan. Ini yang membedakannya dengan pembuatan situs web atau homepage konvensional.
Untuk tempat, ada juga banyak tempat yang menyediakan layanan blog secara gratis (misalnya blogger.com, ebloggy.com, dan crimsonblog.com). Untuk yang memiliki komputer Linux sendiri sebagai server web, anda bisa mencoba software WordPress yang bisa diperoleh secara gratis dari WordPress.org.
Dalam lima menit Anda bisa membuat sebuah blog dan langsung opini Anda dapat diakses oleh orang banyak.
Jadi apa yang ditampilkan di blog? Biasanya adalah catatan harian, akan tetapi dia lebih dari sekadar diary yang dibuat online. Isi dari blog bisa berupa artikel atau semacam editorial di surat kabar. Hanya, kali ini Anda tidak perlu berafi liasi dengan surat kabar tertentu. Anda bisa menjadi penulis editorial tanpa surat kabar. Ini sebuah konsep yang hebat.
Jika dahulu kita terpaku oleh opini penulis tertentu yang ada di media masa saja, maka kali ini ada banyak alternatif. Tapi, masih banyak orang yang skeptis, atau meragukan adanya penulispenulis blog yang bagus. Tidak perlu khawatir. Ada banyak blog yang bagus-bagus. Lihat saja blog dari pakar hukum cyber dari Stanford, Lawrence Lessig (www.lessig.org/blog/). Atau lihat blog milik Noam Chomsky (http://blog.zmag.org/ttt/). Atau kunjungi blog saya. Yang ini tidak saya sebutkan alamat blognya karena saya memiliki banyak blog, dan ini menjadi pekerjaan rumah anda. (Ada blog yang saya gunakan untuk menuliskan opini, dan ada yang saya gunakan untuk menulis cerpen.) Mencari dan menemukan blog merupakan sebuah keasyikan tersendiri.
Tadi saya menyebutkan secara sepintas mengenai sindikasi. Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh blog adalah adanya mekanisme untuk mengambil artikel-artikel dari berbagai penulis blog untuk kemudian dijadikan satu halaman kumpulan artikel. RSS (Really Simple Syndication atau RDF Site Summary) merupakan salah cara atau format untuk melakukan hal ini. Salah satu contoh sindikasi ada di http://planet.terasi.net. Di sini Anda bisa melihat beberapa contoh isi blog orang Indonesia.
Menurut pendapat saya, blog ini merupakan mekanisme yang bagus untuk mengajarkan orang Indonesia untuk mulai gemar menulis. Tidak gemar menulis merupakan salah satu kelemahan kultur kita. Mudah-mudahan generasi yang akan datang lebih pandai dalam menulis.
Jadi, mana blog Anda? Hah? Hari gini gak punya blog? <infolinux.web.id>



Baca Juga:

0 komentar:

Posting Komentar