Senin, 16 Juli 2007

FREE UBUNTU 7.04 (FEISTY)


Bulan kemaren Saya menerima satu paket kiriman dari Pak Pos. Betapa senangnya, setelah Saya buka ternyata paket itu berisi distro Linux terbaru ubuntu, kubuntu dan edubuntu 7.04 (Feisty). Paket itu dikirim langsung dari Netherlands oleh Canonical Ltd, yang merupakan organisasi global yang bergerak dalam pengembangan, distribusi dan promosi produk-produk perangkat lunak open source (oss), dan menyediakan dukungan kepada komunitas open source.
Ubuntu adalah sistem operasi Linux yang memiliki tampilan GUI menarik dengan aplikasi yang tidak terlalu banyak namun cukup memuaskan untuk penggunaan perkantoran standar. Dengan menggunakan Debian sebagai parent-distro, dan dukungan mirror untuk repositories yang lengkap kita dapat menambahkan aplikasi yang kita inginkan dengan mudah tanpa harus melakukan proses compile sebagaimana kebanyakan distro linux lainnya.
Ada distro yang menjadi perhatian Saya, yakni edubuntu. Sesuai namanya, distro ini memang diperuntukkan untuk dunia pendidikan, meskipun tidak menutup kemungkinan digunakan untuk kalangan pribadi ataupun server. Solusi software open source memberikan berbagai keuntungan yang sangat banyak. Untuk berbagai institusi pendidikan, solusi open source menjadi makin menarik dengan berbagai manfaat tambahan berikut ini:
  • Solusi bagi keperluan sekolah
Temukan berbagai solusi untuk keperluan institusi pendidikan Anda yang berlisensi open source, sehingga biayanya terjangkau dan dapat dikembangkan sesuai dengan keperluan Anda. Salah satu contohnya adalah Sisfo Kampus.
  • Lulusan yang kreatif
Software open source cenderung mendorong murid untuk menjadi kreatif, dan tidak hanya sekedar sebagai pengguna saja. Tentunya akan menjadi kebanggaan bagi sekolah jika lulusan-lulusannya terkenal berkualitas dan berprestasi di masyarakat.
  • Terobosan inovatif
Dengan adanya source code, maka sekolah dapat membuat berbagai inovasi baru dengan mudah. Ini sulit untuk dilakukan dengan berbagai solusi yang proprietary.
  • Siap pakai
Tidak perlu repot mencatat jumlah lisensi software, siapa yang menggunakan, dimana digunakan, dan seterusnya. Dengan solusi open source, langsung pakai, dan ketika diperlukan, langsung gandakan saja sebanyak yang Anda perlukan tanpa repot.
  • Semangat Kebersamaan
Institusi pendidikan sebenarnya sangat sejalan dengan semangat software bebas, yaitu semangat untuk saling berbagi, mendidik, dan mencerahkan.
Ubuntu dapat di pergunakan untuk penggunaan desktop maupun penggunaan server dan mendukung banyak platform seperti PC (Intel X86), 64-bitPC (AMD64), UltraSPARC T1 dan PowerPC.
Apabila kawan-kawan berminat untuk memiliki distro ubuntu, kubuntu, dan edubuntu 7.04 ini, silahkan request di situs ubuntu: http://shipit.ubuntu.com/
Sampai saat ini, Ubuntu telah mencapai versi 7.04. So tunggu apalagi? Segera migrasi ke solusi open source, dan temukan semua kelebihannya.



Baca Juga:

0 komentar:

Posting Komentar