Kamis, 08 November 2007

Liputan Gutsy Release Parties Indonesia

Pada tanggal 3 November 2007 kemarin komunitas Ubuntu Indonesia serentak mengadakan acara Gutsy Release Parties (GRP) di 11 Kota: Bali, Bandung, Bogor, Cirebon, Jakarta, Jember, Jogjakarta, Semarang, Sinjai, Sukabumi (acara Lhokseumawe baru akan berlangsung pada 7 November ini). Dan berikut adalah sedikit cuplikan beberapa liputan dari pelaksanaan acara Gutsy Release Parties Indonesia.

GRP Bandung



Dengan dihadiri kurang lebih 100 peserta, acara GRP ini membuktikan keantusiasan masyarakat Indonesia dalam dunia Open-Source Indonesia. Dan ternyata yang datang bukan hanya mahasiswa, tetapi murid SMA, Guru, Praktisi, Komunitas Linux, dan beberapa peminat Open-Source pun datang.
Dengan sambutan awal dari Bobby Nugraha Ariffin selaku Koord. GRP-Bandung, dan Rolly Maulana Awangga selaku Ketua LUG STT Telkom, dimulailah acara GRP ini. MC-nya adalah Riza Dwi Arifiyanto.
Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Pak Fazmah Arif Yulianto selaku Pembina LUG STT Telkom. Beliau bercerita banyak tentang asal-usul distro Ubuntu yang namanya berasal dari Afrika yang berarti “humanity toward others”, atau “we are people because of other people”.
Nah, sebagai main dish dari acara GRP ini, Pak Andika Triwidada memulai acara dengan bercerita tentang Ubuntu dan Open-Source. Tidak lupa mengajak peserta untuk bersama-sama menerjemahkan sintaks Ubuntu ini di LaunchPad. Sekilas beliau juga menunjukkan blank-on 2.0 (Konde) yang merupakan turunan dari Distro Ubuntu 7.10 pada pra-acara GRP ini.

GRP Bogor

Presentasi pertama dibuka oleh pak Rusmanto yang berbicara tentang linux dan isu legalitas. fakta2 yang dipaparkan pak Rus tentang dunia opensource sangat menarik. apalagi waktu beliau memperlihatkan tabel mengenai berapa banyak uang yang keluar untuk pengembangan opensource. dari situ, saya mengerti, linux (dan atau opensource) walaupun murah (cenderung gratis malah) bukan berarti murahan. lanjut ke presentasi berikutnya, pak Michael berbicara tentang open software dan open hardware, terutama tentang embeded hardware. setelah sesi presentasi dari kedua "dewa" di dunia it dan opensource tersebut, panitia memberikan door prize kepada pengunjung berupa cd ubuntu dari canonical dan voucher internetan gratis 100 jam di azoebs linux corner. wih...siapa yang ngga' mau coba, cd asli ubuntu dari canonical sama inetan gratis...100 jam pula :P.

GRP Cirebon

Acara yang dibuka oleh Dedi Budi Darmawan, Ketua CITC itu diisi oleh presentasi Seluk-beluk Ubuntu, Gerakan Open Source serta pengenalan aktivitas komunitas IT Cirebon. Yang paling lama adalah proses tanya jawab dan install pada beberapa laptop peserta. Bahkan hingga pukul 20.00 WIB, masih tersisa satu laptop yang baru dibeli dan langsung dibawa ke GRP di Cirebon.
Asep Zulkarnaen, staf Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Kuningan mengatakan bahwa pengenalan linux serta open source software itu jangan hanya pada saat Release Party saja. "Kami yang di kampung dan jauh dari Cirebon butuh bantuan dari orang-orang kota seperti di sini," ucapnya.
Yang menarik dari Ubuntu ini, imbuh Asep, adalah kekuatan komunitasnya. "Siapa yang bisa membuat acara nirlaba sepert ini dan serentak di berbagai kota? Ini yang saya lihat sebagai persaudaraan sejati," imbuhnya. "Minggu depan saya minta komunitas ini berkunjung dan berkampanye di Kuningan."

GRP Jakarta

Dengan materi Gusty Gibbon New Features dan Komunitas Ubuntu Indonesia acara ini dimeriahkan oleh 55 orang, dari kalangan Mahasiswa, Dunia Pendidikan, komunitas IT seperti ITCenter dan IndoWLI, perwakilan KPLI Jakarta, beberapa perusahaan pengguna Linux serta undangan dari Intel Indonesia, Zend Indonesia, Biskom, Bisnisweb dan Rimbalinux.
Acara ini juga diwarnai tukar informasi dan pengalaman diantara pengguna Ubuntu dan turunan Ubuntu terutama di Jakarta. Panitia menyediakan akses wifi dengan lokal repository, di tengah acara Dedy Hariyadi meminjamkan sebuah PCMCIA Telkomsel Flash. Dengan sedikit modifikasi oleh Anwar Purnomo akses internet berhasil di sharing ke semua notebook peserta.
Pesta Ubuntu ini dimeriahkan oleh MC Ferry Haris, kemudian Wisu Suntoyo mempresentasikan rangkuman Indrayana MB mengenai fitur baru di Gutsy Gibbon, diselingi tanya jawab, Andi Darmawan kemudian memberikan presentasi mengenai Komunitas Ubuntu Indonesia.

GRP Semarang

Alhamdulillah,..Komunitas Ubuntu Semarang dan rekan rekan dari MIPA Connect Unnes akhirnya berhasil menyelesaikan hajatan GRP sebagai penyambutan atas rilis terbaru dari Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon. Acara yang berlangsung di Unnes Sabtu 3 November kemaren benar benar dipadati peserta, dari target peserta 200 orang ternyata yang datang hampir 300 orang. Ruang seminar yang cuman berkapasitas 160 tempat duduk dipadati peserta (ada yang berdiri) dan sebagian (puluhan) lainnya menunggu di luar ruang seminar sambil melihat lihat panitia mempersiapkan workshop pada sesi setalah seminar.
Hajatan GRP yang FREE bagi para peserta ini membagi bagikan 150 CD Ubuntu, Kubuntu, dan Edubuntu kepada para peserta (donasi dari Exsanet dan personal komunitas), Voucher Internet Gratis dari GrandNet, Fasilitas Hotspot oleh SmartIKON yang terkoneksi dengan jaringan Internet Warnet MIPA Connect, semuanya Gratis buat peserta...

GRP Sinjai

Peserta Ubuntu Release Party Sinjai terdiri dari siswa SLTP/SLTA, Guru serta masyarakat umum. Total jumlah peserta 105 orang. Penyelenggaraan kegiatan ini bukan tanpa hambatan, hambatan yang paling besar adalah dari segi pembiayaan, beda dengan kota-kota lainnya yang merupakan besar sehingga banyak pihak-pihak yang dapat mensponsori kegiatan seperti ini.
Sinjai lebih sulit untuk mendapatkan dana. Namun atas bantuan dari pemerintah kabupaten sinjai serta sumbangan dari badan komunikasi dan informatika kab. sinjai berupa falistas gedung beserta peralatan kegiatan ini dapat terwujud.
Selamat & terima kasih kepada rekan-rekan komunitas Ubuntu Indonesia yang telah membantu pelaksanaan acara GRP ini hingga berjalan dengan baik. Sampai jumpa di Ubuntu Release Parties berikutnya!
Info lengkap: http://www.ubuntu-id.org/



Baca Juga:

0 komentar:

Posting Komentar