Kamis, 01 Oktober 2009

Fenomena situs jejaring sosial

Dalam kehidupannya, manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia cenderung untuk selalu membutuhkan orang lain dalam melakukan setiap aktifitas sehari-hari. Mereka selalu membutuhkan bantuan dari orang lain. Setiap orang di dunia ini pasti berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya, terutama dalam penyelesaian masalah yang dimiliki. Itulah mengapa manusia dapat disebut sebagai makhluk sosial.

Karakter ini tidak hanya terjadi dalam kehidupan nyata. Akan tetapi juga dalam dunia maya atau dunia internet. Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, terutama internet begitu pesat. Hampir semua aspek kehidupan memanfaatkan internet sebagai media informasi dan komunikasi. Manusia selalu mencari cara agar dapat berkomukasi secara luas dalam waktu yang sangat cepat. Pada awal berkembangnya teknologi internet, e-mail dianggap sebagai media baru yang sangat signifikan dalam berkomunikasi dalam dunia internet. Tapi ketika teknologi Web 2.0 mulai berkembang, terdapat fenomena yang menarik dengan munculnya banyak situs-situs jejaring sosial (Social Networking Web). Pengguna internet, terutama di Indonesia meningkat tajam. Mereka tidak hanya memiliki e-mail, tapi sudah memiliki akun di situs jejaring sosial.

Beberapa situs jejaring sosial yang popular saat ini adalah facebook, twitter, friendster, myspace. Di Indonesia sendiri situs yang paling booming pertama kali adalah Friendster. Situs dari Amerika ini mulai digemari pada tahun 2002, tapi kini popularitasnya sudah mulai menurun dan tersaingi situs jaringan sosial yang dikembangkan oleh Mark Zuckenberg, pemuda berkebangsaan Israel.

Ini adalah sebuah fenomena. Hampir semua orang memiliki akun di Facebook. Mulai dari anak-anak SD, remaja, mahasiswa sampai orang-orang tua sudah kecanduan ber-facebook-an. Mereka rela menghabiskan banyak uang hanya untuk membuka akun baru dan mulai melihat status di facebook. Rasanya bisa disebut aneh dan ketinggalan jaman apabila kini masih ada sebagian orang yang belum mengenal facebook. Semakin hari jumlah pengguna situs jejaring sosial ini semakin meningkat dan menunjukkan angka peningkatan yang sangat signifikan. Saat ini Indonesia disebut sebagai negara dengan pertumbuhan pengguna situs Facebook tertinggi di Asia tenggara, keanggotaan tahun ini 645% lebih besar jika dibandingkan tahun 2008 (BBC Indonesia).

Selain Facebook, sebenarnya masih banyak situs jaringan sosial yang ada saat ini. Seperti yang telah disebutkan, ada Twitter, Friendster, MySpace, Multiply, Live Journal, Plurk, Hi5, YouTube, dan lain-lain sebagainya. Bahkan ada yang berasal dari Indonesia. Ini yang cukup membanggakan, situs jaringan sosial local yang juga eksis di dunia. Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan teknologi informasi yang berlangsung cepat. Apakah peningkatan pengguna internet ini dikarenakan semakin banyaknya orang-orang yang keranjingan social networking? Jawabannya, bisa iya bisa juga tidak. Karena belum ada penelitian tentang hal itu.

Satu hal yang perlu diperhatikan, bagaimanapun juga sebuah teknologi adalah fasilitas yang dapat digunakan sesuai penggunanya. Kehadiran situs jejaring sosial ini dapat memberikan keuntungan dan kerugian tergantung cara pemanfaatannya. Dan semoga kita menggunakannya untuk produktifitas dan kebaikan bagi semua pihak. Tidak ada dari pihak manapun yang merasa dirugikan dengan kehadiran situs ini.

Dari berbagai sumber



Baca Juga:

0 komentar:

Posting Komentar