Sabtu, 25 Agustus 2012

Mulai 2013, Lulusan S1 Pendidikan Tidak Bisa Langsung Ngajar

Mulai tahun depan, seluruh lulusan sarjana pendidikan tak lagi bisa langsung mengajar. Mereka harus lebih dulu mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) selama satu tahun.

Meski lulusan S1 Kependidikan tersebut nantinya hendak menjadi guru tidak tetap (GTT) di sebuah sekolah, mereka tetap harus ikut PPG. Saat ini, program PPG ini terus disosialisasikan. Unesa dan beberapa kampus pencetak guru mendapat kepercayaan ini.

PPG ini semacam Diklat penuh. Selama setahun, mereka kembali mendapat bekal pengajaran secara profesional. Bahkan, mereka juga harus kembali praktik mengajar di kelas. Setelahnya, akan ada ujian kelulusan PPG.

Untuk guru bidang studi, mereka menempuh pendidikan profesi ini selama setahun. Namun untuk pendidikan PGSD dan PGTK, PPG cukup enam bulan. PPG nanti tak hanya diwajibkan bagi calon guru. Mereka yang saat ini sudah berprofesi guru pun harus mengikuti PPG setahun yang saat ini sudah mulai berjalan.

Pendidikan profesi ini rencananya berbeasiswa. Selama setahun, mereka berhak atas tunjangan hidup dan berasrama. Meski demikian, saat ini ada sejumlah daerah menyelenggarakan PPG mandiri dan berbayar bagi calon guru. (Surya, 25/08/12)



Baca Juga:

1 komentar:

Moch Iqbal Ayub Ansyori mengatakan...

Saya mau tanya?
Jadi apa yang membedakan jurusan Pendidikan dan non pendidikan? terus apa tujuannnya? Kalau dari luar pendidikan bisa mengajar hanya dengan mengikuti PPG saja ......

Posting Komentar