Rabu, 05 September 2012

Penilaian Pendidikan Karakter


Pertama. Perilaku dalam proses pembelajaran mencakup sikap dan tindakan peserta didik terhadap teman dan guru. Sikap dan tindakan dalam komponen ini khususnya mengacu pada nilai yang ada pada materi dalam kegiatan pembelajaran. Komponan ini tepat diungkap menggunakan teknik pengamatan, pertanyaan langsung, pertanyaan tidak langsung, laporan pribadi (portofolio), atau penilaian diri.

Kedua. Upaya peserta didik mengarah pada kesungguhan dan kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Komponen ini mencakup aspek:

  • Kehadiran dalam pembelajaran
  • Ketepatan waktu mengikuti pembelajaran
  • Ketepatan waktu mengumpulkan tugas
  • Frekuensi dan kualitas bertanya
  • Frekuensi dan kualitas berpendapat
  • Frekuensi berkonsultasi di luar jam perkualiahan dalam rangka pengayaan
  • Kreatifitas penalaran yang ditunjukkan dalam kegiatan atau karya yang terkait dengan pembelajaran

Komponan ini tepat diungkap menggunakan teknik pengamatan, pertanyaan langsung, pertanyaan tidak langsung, laporan pribadi (portofolio), atau penilaian diri.

Ketiga. Prestasi peserta didik. Penilaian terhadap prestasi peserta didik harus dilakukan secara berkesinambungan, mencakup aspek akademis dan non akademis. Teknik penilaian yang tepat untuk mengungkap komponen ini antara lain tes tulis dan portofolio.

Sumber bacaan: http://blog.tp.ac.id





Baca Juga:

0 komentar:

Posting Komentar