Jumat, 07 September 2012

Penerimaan CPNS 2012 Akan Lebih Ketat


Tahun ini CPNS dilaksanakan serentak oleh 44 instansi pemerintah di pusat dan daerah pada 08 September 2012 (info di sini). Tes kompetensi dasar dilakukan secara tertulis dalam waktu 2,5 jam. Setiap peserta akan diminta mengerjakan 100 soal yang terdiri atas 50 soal wawasan kebangsaan dan 50 soal intelegensi umum, serta 100 soal tes karakteristik pribadi.

Peserta yang lulus seleksi kemampuan dasar mendapat kesempatan mengikuti seleksi lanjutan tingkatan nasional dan tes kemampuan teknis oleh instansi masing-masing.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, soal ujian seleksi tahun ini dibuat oleh konsorsium sepuluh perguruan tinggi negeri. Sepuluh PTN tersebut juga mengolah hasilnya dan mengirimkannya kepada seleksi nasional, yakni Kementerian PAN dan RB serta BKN.

Hasil penilaian dari tes CPNS akan diumumkan, sehingga semua peserta akan mengetahui nilainya. Dengan kebijakan seperti ini, maka kecurangan dapat diminimalisir.

Menurut Deputi SDM Kementerian PAN dan RB Ramli Naibaho, kalau ditemukan kecurangan, BKN tidak akan mengeluarkan NIP. Bahkan, sekalipun sudah dikeluarkan NIP, kalau terbukti ada kecurangan, NIP-nya akan dibatalkan. (JawaPos, 07/09/12)



Baca Juga:

0 komentar:

Posting Komentar